LAPORAN HASIL DISKUSI
Tema :
Pentingnya Internet
Tujuan :
Mengetahui pentingnya internet
Tanggal :
25 Oktober 2012
Waktu :
Pukul 10.45 s.d. 12.15
Tempat :
Ruang kelas XII.IA.2 SMAN 1 Watansoppeng
Kelompok :
Ungu
Kelas :
XII.IA.2
Pembicara :
Ulfa Aulya Idrus
Moderator :
Abdul Mubarak
Notulis :
Nur Asriyani
Permasalahan :
·
Pertanyaan :
1.
Oleh
Aprilyani
Adakah dampak negative yang
ditimbulkan oleh Internet ? Bagaimana cara menanggulanginya?
2.
Oleh
Nur Aulia Syam
Bagaimana dampak negative media
social yang ada pada internet terhadap pelajar ?
3.
Oleh
Muhammad Faisal Ryadi
Dengan adanya Internet, pekerjaan
siswa cenderung lebih cepat, tapi juga menyebabkan siswa menjadi malas. Mengapa
demikian?
·
Jawaban
:
1.
Salah
satu contoh dampak negative dari Internet adalah banyaknya penipuan di
internet. Penipuan ini berupa barang atau jasa dan juga penipuan. Cara
menanggulangi agar hal seperti ini tidak terjadi, yaitu pembeli harus
benar-benar cermat dalam melakukan transaksi agar tidak tertipu.
2.
Media
social seperti Facebook atau Twitter juga member dampak positive kepada para
siswa. Siswa yang tidak memiliki disiplin waktu akan cenderung menggunakan
Media Social tersebut tanpa mengenal waktu, sehingga melupakan tugas atau
ulangan di sekolah.
3.
Karena
siswa cenderung melakukan tindakan Copy-Paste , yaitu hanya mengkopi tugas yang
ada di internet dan memindahkannya ke file dan di cetak. Hal ini menyebabkan
siswa tidak membaca apa yang ia salin dari internet. Siswa cenderung malas
mengerjakan tugas, karena semua tugas dapat dikerjakan lewat Internet tanpa
berpikir.
|
|
NOTULEN DISKUSI
Tanggal :
25 Oktober 2012
Tempat :
Ruang kelas XII.IA.2 SMAN 1 Watansoppeng
Tema :
Pentingnya Internet
Tujuan :
Mengetahui pentingnya internet
Peserta Diskusi :
Semua Siswa kelas XII.IA.2 (Daftar hadir terlampir)
Acara Diskusi :
I.
Pembukaan
Rapat dibuka pada pukul 13.19 oleh moderator
(Devie Destiarini )dengan salam dan perkenalan
II.
Perkenalan
Risqy Amaliah Farhan sebagai pemateri, Abdul Mubarak
sebagai moderator, dan Nur Asriyani sebagai notulis.
III.
Pembahasan masalah oleh
moderator
Risqy Amaliah Farhan sebagai pemateri membacakan materi diskusi yang telah
dipersiapkan secara berurutan.
IV.
Tanya Jawab
Moderator memberi
kesempatan bagi peserta untuk bertanya, menyanggah, dan memberi tanggapan
ataupun saran.
·
Pertanyaan :
1.
Oleh Reski Pratama
Adakah
dampak negative yang ditimbulkan oleh Internet ? Bagaimana cara
menanggulanginya?
2.
Oleh Ahmad Fadhil Anugrah
Bagaimana
dampak negative media social yang ada pada internet terhadap pelajar ?
3.
Oleh A. Elma Wulandari
Dengan
adanya Internet, pekerjaan siswa cenderung lebih cepat, tapi juga menyebabkan
siswa menjadi malas. Mengapa demikian?
·
Jawaban :
1.
Salah satu contoh dampak negative
dari Internet adalah banyaknya penipuan di internet. Penipuan ini berupa barang
atau jasa dan juga penipuan. Cara menanggulangi agar hal seperti ini tidak
terjadi, yaitu pembeli harus benar-benar cermat dalam melakukan transaksi agar
tidak tertipu.
2.
Media social seperti Facebook atau
Twitter juga member dampak positive kepada para siswa. Siswa yang tidak
memiliki disiplin waktu akan cenderung menggunakan Media Social tersebut tanpa
mengenal waktu, sehingga melupakan tugas atau ulangan di sekolah.
3.
Karena siswa cenderung melakukan
tindakan Copy-Paste , yaitu hanya mengkopi tugas yang ada di internet dan
memindahkannya ke file dan di cetak. Hal ini menyebabkan siswa tidak membaca
apa yang ia salin dari internet. Siswa cenderung malas mengerjakan tugas, karena
semua tugas dapat dikerjakan lewat Internet tanpa berpikir.
V.
Kesimpulan
Moderator menarik kesimpulan bahwa tak dapat
dipungkiri bahwa Internet mempunyai dampak
positive dan negative, seperti pada Media social dan E-Commercee. Jadi sebagai pengguna internet yang bijak, kita
sebaiknya lebih memanfaatkan internet dari segi positive dan menjauhi segi
negative. Semoga
dengan pembahasan ini dapat memberi manfaat
kepada kita semua.
VI.
Penutup
Moderator menutup diskusi dengan
mengucapkan terima kasih dan salam.
|
|
DAFTAR
HADIR SISWA :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
dst.
No comments:
Post a Comment