WELCOME TO MY BLOG (^,^)9

Monday 5 August 2013

Sanggahan Harun Yahya Terhadap Teori Evolusi Darwin

Teori Evolusi dan Sanggahan Harun Yahya
PENGERTIAN TEORI EVOLUSI
Teori evolusi dalam Sains Moden digambarkan sebagai teori yang menyatakan bahawa manusia berasal dari binatang, khususnya dari binatang yang mirip manusia.Darwin dalam bukunya bertajuk “The Origin Of species” (Asal-Usul Jenis-Jenis Hewan).Beliau mengutarakan satu saranan bahawa semua makhluk yang hidup adalah hasil dari proses evolusi satu atau beberapa nenek moyang.Teori beliau menumpukan perhatian kepada bagaimana bentuk hewan yang simpel berevolusi untuk menjadi bentuk yang kompleks.Beliau merumuskan bahawa semua jenis binatang berasal dari amoeba, sejenis hewan yang mempunyai satu sel. Bermakna beliau percaya bahawa pada mulanya Pencipta mencipta satu atau beberapa bentuk organisme yang simpel. Dengan proses penyesuaian diri,organisme yang kompleks telah dihasilkan. Darwin percaya bahawa organisme-organisme atau spesies-spesies yang kompleks berasal dari nenek moyang yang sama yaitu spesies yang simpel.

BUKTI-BUKTI UTAMA TEORI EVOLUSI
Hipotesis evolusi menyarankan bahwa semua yang sedang atau telah hidup berasal daripada organisme yang lebih rendah atau kurang sempurna melalui proses turunan disertai dengan perubahan. Bukti-bukti yang diutarakan oleh Darwin adalah seperti berikut menurut keutamaannya.
Bukti-Bukti Utama dari teori tersebut ialah :
Dalam perjuangan
kelangsungan hidup, organisme (hewan atau tumbuhan) yang akan terus hidup ialah yang paling mampu untuk mempertahankan diri atau menyesuaikan diri dengan keadaan iklim dan lingkungan sekitarnya.Organisme-organisme yang kuat itu akan memindahkan bakat-bakatnya kepada keturunannya secara proses seleksi.
Mutasi me
megang peranan yang penting untuk mewujudkan sesuatu spesis yang baru.

BUKTI-BUKTI SAMPING:
a)       Persamaan yang dapat dilihat dari tingkat  “embrio” ke tingkat “fetus” antara organisme –organisme yang jelas berbeda pada tingkat dewasa.
b)       Kemampuan untuk mengelompokkan organisme-organisme dalam kelas-kelas tertentu menurut keturunan dan tingkat-tingkat kesempurnaan.
TEORI EVOLUSI MENURUT HARUN YAHYA
Merupakan antitesis dari teori evolusinya Charles Darwin. Darwin mengungkapkan bahwa makhluk hidup muncul di dunia merupakan kebetulan tanpa ada yang menciptakannya. Darwin juga memperkenalkan bahwa satu spesies atau makhluk bisa melakukan evolusi menjadi makhluk yang lain dalam jangka waktu yang lama.
Jelas sekali pandangan Darwin dianggap Harun Yahya bertentangan dengan dogma agama yang menyebut Tuhan sebagai pencipta segala jenis makhluk hidup, termasuk didalamnya manusia. Teori yang ditemukan Darwin bisa dikatakan memperkuat keyakinan kaum Taisme kan Komunisme, sebaliknya meruntuhkan dan atau bertentangan dengan normatif keagamaan yang menggap Tuhan sumber segala kehidupan dan penciptaan.
Esensialisme Teori Darwin
Sebagaimana dipahami, dan hal ini yang menjadi urgensi mendasar teori evolusi menurut Harun Yahya yakni, kehidupan suatu makhluk dibentuk melalui pencampuran beberapa senyawaan organik yang bergabung dalam suatu waktu dan kondisi tertentu, yang juga melalui bantuan fenomena alam terjadi secara random. Pada awalnya senyawa tersebut membentuk molekul, dan kemudian berkembang menjadi bulir kehidupan hingga mengalami perkembangan yang terus-menerus hingga saat ini.
Inti konsep teori evolusi Darwin bisa dibaca bahwa waktu, unsure serta materi non bendawi lah yang menjadi cikal bakal terbentuknya produk yang diciptakan. Dan hal itu terjadi dengan sendirinya tanpa di tentukan atau diatur oleh apapun dan siapapun. Dasar teori tersebut banyak menimbulkan kegaduhan intelektual diantaranya dat
ang dari Pierepaul Grase yang menyatakan bahwa teori evolusi sungguh sulit diterima akal. Sehingga dalam bukunya “Evolution of  Living Organisme ia menyebut bahwa evolusi Darwin hanya kebetulan saja telah sangat dipercayai oleh banyak orang yang berlindung dibawah kedok Ateisme.
Teori Evolusi Harun Yahya
Mengcounter teori evolusinya Darwin, Harun Yahya yang konsern mengadakan penelitian dan menulis buku-buku keislaman jelas merasa keberatan dengan evolusi Darwin tersebut. Dengan teorinya yang secara khusus membantah teori Darwin yang fenomenal sekaligus kontrovesial itu Harun Yahya banyak menyebutkan dan mengalirkan data-data yang menggugurkan teori evolusi yang telah banyak disembah orang selama berabad-abad silam.
Hal bantahan tersebut misalnya, Teori pembentuk evolusi itu, ternyata jika diamati secara mendalam banyak sekali contoh adanya rancangan yang seolah by design atau disengaja oleh Sang Maha Pengatur
.
Dari beragam bukti ilmiah yang di temukan para ilmuwan tak ada indikasi yang menyeret bahwa makhluk hidup terbentuk melalui proses evolusi dimana makhluk hidup yang berbeda tak muncul ke muka bumi dengan jalan berevolusi. Sebaliknya, by design dari rancangan Tuhan secara nyata dibuktikan dengan munculnya spesies makhluk hidup yang muncul secara serentak dan bersama-sama dengan sempurna. Misalnya reptile, dari awal kemunculan memiliki bentuk sebagaimana reptile yang ada saat ini, tidak merupakan evolusi dari bentuknya semula sebagai bukan reptile. Dan masih banyak dalil lain yang mengungkap dari teori evolusi menurut Harun Yahya yang ternyata jika dikaji lebih mendalam lebih masuk akal dan diakui oleh berbagai ilmuwan barat sekali pun.
KESIMPULAN


Dalam makalah ini, penulis mengambil kesimpulan dari teori-teori yang termasuk didalamnya, yaitu;
Keseluruhannya melalui teori evolusi, Darwin membuat kesimpulan bahwa dia tidak pernah mengenal teori mutasi yang memungkinkan adanya perubahan mengejut pada keturunan. Beliau hanya percaya hanya alam sekitar sahaja yang boleh menimbulkan modifikasi yang disampaikan oleh plasma darah. Dari sifat analogi hewan dan tumbuhan Darwin juga yakin bahawa organisme hidup itu berasal dari satu nenek moyang. Ini telah diperkuatkan oleh penemuan beliau sendiri bahawa hewan berasal dari proses yang serupa dan mempunyai keserupaan bentuk.
Harun Yahya menyimpulkan bahwa makhluk hidup terbentuk melalui proses evolusi dimana makhluk hidup yang berbeda tak muncul ke muka bumi dengan jalan berevolusi. Sebaliknya, by design dari rancangan Tuhan secara nyata dibuktikan dengan munculnya spesies makhluk hidup yang muncul secara serentak dan bersama-sama dengan sempurna.

4 comments:

  1. (y) ha ada tugas ku ini :D thanks

    ReplyDelete
  2. Evolusi adalah perubahan pada kolam gen makhluk hidup melalui banyak generasi. Evolusi manusia hanya secuil diantaranya. menurut teori evolusi, makhluk hidup yang ada saat ini memiliki moyang bersama di masa silam. Tidak ada yang bilang moyang bersama itu mesti amuba, karena amuba hanya satu dari sekian jenis makhluk hidup bersel satu.

    Teori evolusi juga tidak membicarakan asal kehidupan, itu bahasan teori ilmiah lain, yakni teori abiogenesis modern. Dan Harun yahya tidak menyodorkan teori apapun. Teori adalah penjelasan atas fenomena yang ada dengan didukung bukti dan fakta. Harun Yahya tidak menjelaskan appaun, ia hanya mengklaim berdasar iman dan tafsiran dia.

    Pada masanya, Darwin tidak mengenal konsep mutasi. Itu pula salah satu yang membedkaan teori klasik Darwin dengan teori sintesa modern yang dipakai sekarang.

    Dan Harun Yahya sama sekali tidak percaya evolusi! Menurut dia makhluk hidup muncul begitu saja di muka bumi dlaam wujud mereka saat ini.

    Terakhir, teori evolusi sama dengan teori iolmiah lain, tidak membicarakan Tuhan. Sains tidak membenarkan atau menyanggah Tuhan (karena tak ada cara ilmiah untuk membuktikannya, dan sains tidak berdasar kepercayaan), Tuhan adalah bahasan filosofis.

    ReplyDelete