WELCOME TO MY BLOG (^,^)9

Monday 5 August 2013

Resensi Macam Macam Novel Lengkap dan Singkat

Judul Cerpen                : TUHAN, BOLEHKAH AKU DILAHIRKAN KEMBALI 
Pengarang
                   : Haniswita
Penerbi
t                       : - 
Tahun Terbit
               : - 
Kota Terbit
                   : -
Jumlah Halaman
           : 4 Halaman

            Cerpen berjudul “Tuhan, Bolehkah Aku Dilahirkan Kembali”  merupakan cerpen karangan Haniswita. Di dalam cerpen ini menceritakan tentang Alicia Korelina, gadis cantik bermata hijau, cerdas, dan berprestasi yang hampir bias dikatakan sempurna. Sayangnya kesempurnaan itu dihancurkan oleh pertengkaran kedua orang tuanya dan memutuskan untuk berpisah. Hal itu sangat mengguncang Alicia. 
            Hidup dalam keluarga yang broken home memaksa Alicia untuk bias bertahan dalam kesedihan. Dia tidak bisa hidup dalam keluarga yang penuh dengan kekacauan dan merindukan keluarga yang dulu walaupun ia membencinya.
            Karena kejadian ini, Alicia mengenal seorang Laki-laki bernama Lucas. Lucas menjadi tempat ia berkeluh-kesah tentang kehidupannya. Sampai pada suatu saat ketika Alicia sangat tertekan, ia memberikan sebungkus serbuk putih dengan maksud agar ia bisa menenangkan pikirannya.
            Bungkusan itu adalah shabu-shabu. Alicia mencium isi bungkusan itu dalam-dalam dan merasa tenang. Sejak saat itu, shabu-shabu telah menjadi bagian penting dalam hidupnya. Hingga suatu hari, Lucas mengajak Alicia ke sebuah gereja yang megah untuk menyatakan cinta kepada Alicia, tapi terganjal oleh perbedaan keyakinan. Alicia rela mengganti agamanya demi Lukas dan berganti nama menjadi Alicia Kristiani.
            Hingga di suatu malam, Lucas tak datang menemui Alicia. Mengingat shabu-shabu miliknya dibawa oleh Lucas, Alicia panic. Segera ia mengambil dan menghirup sebotol Lem. Selang beberapa lama, zat itu telah hilang dari tempatnya, membuat Alicia emakin gelagapan. ia mengambil cutter dan , mengiris pergelangan tangan kirinya dan kembali menghirup aromaLem yang mengalir di darahnya.
            Hingga ke toresan ke delapan belas, cutter itu memutus urat pergelangan nadi tangannya. Darah segar keluar dari tangannya. Ia sadar bahwa ia akan menemui ajalnya malam itu juga.  Kali ini,ia memohon kepada Tuhan sebelum mulutnya benar-benar terkunci. Ia berkata “ Tuhan, bolehkah aku dilahirkan kembali?”
Ø  Kelebihan Cerpen ini adalah tidakmuluk-muluk dalam penceritaannya. Melibatkan emosi si pembaca. Cocok di baca oleh para remaja sebagai pertimbangan tentang akibat dari pengaruh bahan berbahaya Narkotika.
Ø  Kekurangan Novel ini adalah akhir cerita yang mudah di tebak dan tidak menarik. Cenderung tidak mengembangkan imajinasi si pembaca.



Judul Cerpen              : AKU dan GADIS PERPUSTAKAAN
Pengarang
                 : No Name
Penerbi
t                       : - 
Tahun Terbit
              : - 
Kota Terbit
                  :-
Jumlah Halaman
        : 2 Halaman
            Di dalam cerpen yang berjudul “ Aku dan Gadis Perpustakaan “ ini menceritakan tentang Roni, seorang Playboy yang tampan dan baik yang menjadi incaran para cewek di sekolahannya tertarik kepada seorang gadis yang setiap hari mengunjungi perpustakaan dan duduk di meja nomor dua-dua di dekat jendela perpustakaan. Kulitnya kuning langsat, rambutnya sampai di atas dada, wajahnya kalau membaca buku…. Tenang sekali. Gadis itu sama sekali tidak tertarik kepada Roni.
            Roni tidak bisa berhenti menatap gadis itu dan berusaha duduk di dekatnya. Ia lalu mengambil kursi dan duduk di sampingnya. Ia menyapa gadis  itu dan menanyakan namanya, namun tak di jawab. Gadis itu bernama Dinda Aprilia. Sayang sekali ia telah mencintai orang lain, tapi orang itu tidak mencintainya.
            Roni , cowok tampan sekolahan yang ditembak cewek-cewek di sekolah dan nolakin banyak cewek juga berusaha mencari tau siapa yang sebenarnya di cintai oleh Dinda. Ternyata ia adalah Chandra, sahabat Roni. Hal ini membuat Roni patah semangat, Chandra tidak menyukai Dinda, tapi Chandra tidak enak dengan sahabatnya sendiri.
Ø  Kelebihan cerpen ini adalah mudah dipahami oleh anak remaja. Menggunakan bahasa sehari-hari dan menceritakan tentang percintaan yang disukai para remaja.
Ø  Kekurangan cerpen ini adalah akhir cerita yang membingungkan, tidak menceritakan siapa yang berhassil merebut hati Dinda, dan tidak menceritakan bagaimana nasib Roni.



Judul Cerpen                : SENYUM TERPAHIT
Pengarang
                   : Nur Chasanah
Penerbi
t                       : - 
Tahun Terbit
               : - 
Kota Terbit
                   :-
Jumlah Halaman
           : 5 Halaman
            Cerpen yang berjudul “ Senyum Terpahit “ ini menceritakan tentang persahabatan antara dua anak remaja putrid yng masih duduk di bangku SMP. Mereka adalah Disa dan Reva. Reva mengagumi seorang ketua OSIS sekolah mereka yang bernama Ovan. Reva sangat mengagumi Ovan sehingga ia rela melakukan apa saja demi mendapatkan cinta seorang Ovan.
            Suatu hari, ketika Reva dan Disa makan di kantin, Ovan menuju ke arah Disa dan menajaknya berkenalan. Hal itu tentu jelas membuat Reva marah dan iri. Ia menjauhi Disa hanya karena hal sepele tersebut. Disa bahkan sama sekali tak menyukai Ovan. Malahan ia terus menghindari Ovan demi menjaga perasaan sahabatnya itu.
            Ketika pelajarana matematika, Disa berusaha menjelaskan kejadian yang sebenarnya terjadi kepada Reva dan berusaha meminta maaf. Tapi,  ia di marahi oleh guru mata pelajaran karena tidak memperhatikan saat jam pelajaran.
            Satu bulan berlalu, dan Reva seperti menjauhi Disa. Selesai mengikuti ujian nasional, mereka merencanakan untuk berlibur. Tiba-tiba Ovan mendatangi Disa dan menanyakan kenapa ia selalu menghindar darinya. Ovan segera menyatakan cinta kepada Disa, namun Disa menolaknya dan membertahukan bahwa Reva lah yang mencintai Ovan dengan sepenuh hati dan Reva pun melangkah menjauhi Ovan.
            Ternyata, Reva iri dengan Disa. Dia memfitnah Disa di depan guru matematika bahwa Reva sangat tidak menyukai mata pelajaran itu. Guru itupun langsung percaya pada Reva karena karena di kelas satu Disa pernah dimarahi ketika ia berbicara dengan Reva. Disa mulai menaruh curiga kepada Reva, tapi ia lepaskan rasa curiga itu, karena tdia percaya bahwa tidak mungkin sahabatnya sendiri berbuat seperti itu.
            Tidak hanya guru, ia bahkan memfitnah Disa pada Ovan. Ia bercerita bahwa ia menghindari Ovan karena Ovan menderita penyakit asma. Semua kebenaran ini dibongkar oleh Sera, teman dekat Disa.
            Semenjak saat itu, ia tidak pernah berbicara dengan Reva lagi. Dia juga tidak pernah menceritakan yang sebenarnya kepada Ovan, dia hanya berharap Ovan tidak membenci Disa, dan mengetahui siapa Reva yang sebenarnya. Inilah kisah persahabatan yang berakhir dengan Pengkhianatan .
·         Kelebihan novel ini adalah melibatkan emosi pembaca dan menampilkan rasa iba kepada si pembaca untuk merasa kasihan kepada pelaku Protagonis nya.
·         Kekurangan novel ini adalah akhir cerita yang membuat si pembaca merasa jengkel karena pelaku Antagonis menang dan tidak mendapat dampak negative terhadap apa yang telah dia perbuat



Judul Cerpen              : AKU CINTA SAHABATKU
Pengarang
                 : No Name
Penerbi
t                       : - 
Tahun Terbit
              : - 
Kota Terbit
                  :-
Jumlah Halaman
        : 4 Halaman
            Cerpen yang berjudul “ Aku Cinta Sahabatku “menceritakan tentang seorang gadis yang bernama Kayla yang mengenal seorang teman dari jejaring social Yahoo Messanger yang bernama Mike. Mereka bertemu saat Kayla berada di Taman sedang memikirkan Mike sendiri dan bertingkah konyol karena memikirkannya.
            Ketika mereka berkenalan, mereka langsung akrab dan menjadi sahabat dekat. Mike curhat kepada Kayla bahwa ia mencintai seorang wanita dan akhirnya setelah 3 bulan PDKT (ppendekatan),mereka akhirnya jadian.
            Kayla tidak kuat memendam perasaannya kepada Mike, dan memutuskan untuk menceritakan yang sebenarnya. Ketika mereka sedang asyik tiduran di rumput taman, Kayla berterus terang kepada Mike. Mike hanya mendengarkan. Kayla kesal melihat ekspresi Mike yang tidak merespon perasaan Kayla.
            Ternyata, Mike juga menyukai Kayla sejak sebelum mereka bertemu, sejak mereka masih berkenalan di Yahoo Messenger.  Tapi, siapa cewek yang bernama Lila yang dikatakan Mike bahwa mereka telah jadian? Ternyata  ia adalah Adik Mike yang bernama Mary, atau nama lengkapnya Delila Mary Wijaya. Mike hanya mengetes apakah Kayla akan cemburu atau tidak dan ternyata Kayla cemburu. Akhirnya Mike menyatakan cinta kepada Kayla dan mereka akhirnya Pacaran hari itu juga. Mereka berdua merasa senang.
·         Kelebihan Cerpen ini adalah menceritakan tentang  kisah cinta remaja yang menarik  untuk di baca. Dengan gaya bahasa sehari-hari yang mudah dimenegerti.
·         Kekurangan novel ini yaitu tidak ada pertentangan dan konflik yang mengajak pembaca untuk ikut terlibat ke dalam cerita tersebut.
Judul Cerpen              : CINTA DAN DONGENG
Pengarang
                 : Maya Winandra Nova
Penerbi
t                       : - 
Tahun Terbit
              : - 
Kota Terbit
                  :-
Jumlah Halaman
        : 2 Halaman
            Cerpen yang berjudul “Cinta dan Dongeng”  ini menceritakan tentang seorang gadis yang bernama Mei yang berkenalan dengan seorang laki-laki bernama Andi lewat SMS melalui perantara kakak Mei sendiri.
            Suatu hari, Andi yang tinggal di luar kota dan bekerja di sana berencana ke rumah Mei untuk bertamu sekaligus bertatap muka langsung dengan teman SMS-an nya itu. Mei, seorang cewek tomboy ini berhasil  memikat perasaan Andi dan merasa cocok dengan nya.
            Suatu hari, Andi mengajak  Mei untuk ppergi ke sebuah acara pernikahan. Betapa terkejutnya Andi melihat penampilan Mei. Mmei yang semula cewek tomboy dan tidak suka bergaya sekarang terlihat feminine dan memukau.
            Perkenalan singkat itu pun menumbuhkan rasa cinta di anatar mereka. Hari demi hari mereka lalui bersama, mereka pun semakin lama semakin dekat. Walau kadang mereka sekarang jarang bertemu, namun mereka bisa melepas kerinduan itu lewat percakapan melalui Handphone. Mereka pun saling mengingatkan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.
            Tapi saying, Mei harus merasakan sakit hati dengan yang namanya Cinta. Percintaan mereka hanya seumur jagung. Sungguh, ia harus mlepaskan cintanya kepada orang lain. Cinta yang katanya indah, kini bagai dongeng untuknya.

Ø  Kelebihan cerpen ini adalah mudah dipahami oleh anak remaja. Menggunakan bahasa sehari-hari dan menceritakan tentang percintaan yang disukai para remaja.
Ø  Kekurangan cerpen ini adalah mmbosankan. Isi dan jalan cerita hampir sama dengan cerpen-cerpen remaja biasa sehingga membaca dari awal saja sudah tidak menarik.



TUGAS BAHASA INDONESIA
RESENSI CERPEN



OLEH :

ABDUL MUBARAK

3 comments: