WELCOME TO MY BLOG (^,^)9

Sunday 25 December 2016

Contoh Pendahuluan Makalah / Skripsi / Peneitian Tentang Pelayanan Publik atau Public Service Perbankan Bank Sulselbar

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan dunia perbankan yang dewasa ini bergerak sangat cepat disertai dengan adanya tantangan - tantangan yang semakin luas dan kompleks, hal tersebut membuat perbankan harus cepat dan tanggap dalam menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya melayani masyarakat.
Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa, harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik (service excellent) untuk dapat memenangkan persaingan yang semakin hari semakin kompetitif. Untuk menghadapi persaingan antara lembaga perbankan yang semakin ketat, sekarang ini telah dikembangkan dalam berbagai konsep pelayanan nasabah dengan tujuan untuk mempertahankan nasabah dan menjangkau nasabah - nasabah potensial.
Untuk mempertahankan dan meningkatkan nasabahnya maka bank perlu menjaga citra positif dimata masyarakat, untuk mempertahankan citra ini dapat dibangun melalui kualitas pelayanan, dan ketertiban keamanan. Untuk meningkatkan citra perbankan maka perlu menyiapkan karyawan yang mampu menangani kebutuhan nasabahnya yang biasa disebut Customer Service.
   Customer Service memengang peranan penting dalam dunia perbankan yang melayani masyarakat. Tugas utama customer service adalah memberikan pelayanan dan membina hubungan dengan masyarakat. Customer Service bank dalam melayani para nasabah selalu berusaha untuk menarik perhatian dengan cara merayu calon nasabah untuk menjadi nasabah bank yang bersangkutan dengan berbagai cara dan customer service juga harus dapat menjaga nasabah lama agar tetap menjadi nasabah bank.
Sehubungan dengan peranan ini maka setiap perusahaan menerapkan pelayanan prima yakni suatu sikap atau cara kenyamanan dalam melayani pelanggan secara memuaskan terhadap penggunaan jasa perbankan, kepuasan nasabah akan lebih mudah dipenuhi kalau petugas bank mengenal sifat dan karakter nasabah.
Pelayanan yang diberikan oleh customer service dalam berbagai jasa bank haruslah mencerminkan pendekatan seutuhnya dari seorang karyawan bank kepada nasabah. Hal ini dilakukan dengan sikap penolong, bersahabat dan profesional yang memuaskan nasabah agar nasabah tersebut datang kembali untuk berbisnis dengan bank kita disamping fasilitas jasa dapat dinikmati.
Bank Sulsel Cabang Watansoppeng merupakan lembaga keuangan yang dalam menjalankan kegiatan usahanya selalu mengutamakan kepuasan nasabah. Tetapi, Lembaga Keuangan tersebut mempunyai strategi dalam pelayanan Customer Service yang dapat mempengaruhi kepuasan nasabah Bank tersebut.
Lembaga Keuangan tersebut tidak luput dari masalah Pelayanan customer service, karena seorang Seorang customer service harus cepat dan tepat terhadap pelayanan nasabah agar nasabah tidak merasa dirugikan karena harus menunggu/antri. Customer service merupakan tiang bagi bank, seorang customer service sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu bank.
Keramaian suatu Bank mencerminkan tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh seorang customer service akan tetapi sikap dan sifat seorang customer service terhadap pelayanan nasabah untuk meningkatkan kepuasan nasabah berbeda pada setiap bank, sehingga dengan demikian, penulis tertarik mengkaji masalah customer service dalam kaitanya dengan dengan peranannya. Hal ini yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian dengan judul “Peranan Karyawan Bank (Customer Service) dalam Dunia Perbankan di Kabupaten Soppeng”.


B. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka masalah pokok dalam penulisan ini adalah “Bagaimana Peranan Customer Service Bank Sulsel Cabang Watansoppeng Dalam Dunia Perbankan”.

C. TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN

1.      Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut :
Untuk mengetahui Peranan Customer Service  terhadap pelayanan Bank Sulsel Cabang Watansoppeng.

2.      Kegunaan Penelitian
a.       Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak bank, khususnya mengenai pelayanan customer service yang berpengaruh terhadap nasabah bank.
b.      Sebagai bahan acuan bagi mahasiswa (i) yang akan meneliti dalam bidang yang sama.





BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.    Pengertian Customer Service
Wawoluntu dalam bukunya Dasar-dasar Keterampilan Melayani Nasabah Bank (1997 : 1) istilah customer service yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yang artinya melayani nasabah, dimana untuk bidang bisnis secara umum diartikan sebagai pelayanan pelanggan. Kata customer service berasal dari dua kata yaitu “Customer” sama dengan pelanggan, dan ‘Service” sama dengan pelayanan.
Kasmir dalam bukunya Etika Customer Service (2004 : 201), memberikan pengertian customer service secara umum adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan nasabah, melalui pelayanan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah.
Jadi pengertian “Customer Service” adalah sebuah unit kerja yang bertugas untuk melayani nasabah atau calon nasabah. Pelayanan yang diberikan adalah pelayanan berdasarkan informasi dan pelayanan jasa yang tujuannya untuk memberikan kepuasan nasabah dan dapat memenuhui keinginan dan kebutuhan nasabah.

B.     Fungsi dan Tugas Customer Service
Banyak nasabah yang masih beranggapan bahwa customer service (Cs) itu adalah sebagai pusat informasi, padahal kenyataannya customer service ini juga memberikan pelayanan jasa-jasa perbankan.
Untuk dapat menduduki jabatan ini ada beberapa criteria yang harus dipenuhi antara lain, memiliki pengetahuan luas tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan mesalah perbankan, harus aktif mengetahui semua informasi yang sedang terjadi diluar perusahaan, harus memiliki sifat bijaksana, tanggap, setia, dan ramah pada setiap nasabah.
Setiap customer service tentu telah diterapkan fungsi dan tugas yang harus diembannya. Fungsi dan tugas yang harus dilaksanakan dalam arti dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab dari awal sampai selesainya suatu pelayanan nasabah.
Fungsi dan tugas customer service yang harus benar-benar dipahami sehingga seorang customer service dapat menjalankan tugasnya secara prima. Menurut Kasmir dalam bukunya Pemasaran Bank (2004 : 203), fungsi dan tugas customer service, sebagai berikut :

1.      Sebagai Receptionis
Receptionis artinya customer service sebagai penerima tamu / nasabah yang datang ke bank dengan ramah tamah, tenang simpatik, menarik dan menyenangkan. Dalam hal ini customer service harus bersikap member perhatian, berbicara dengan suara yang lembut dan jelas dengan bahada yang mudah dimengerti. Selama melayani nasabah customer service tidak diperkenangkan merokok, makan dan minum.

2.      Sebagai Deksman
Deksman artinya customer service sebagi orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah. Untuk memberikan informasi mengenai prodak-prodak bank, menjelaskan manfaat dan ciri-ciri bank. Kemudian menjawab pertanyaan nasabah mengenai produk bank serta membantu nasabah untuk mengisi formulir aplikasi.
3.      Sebagai Selesman
Seleman artinya customer service sebagai orang yang menjual produk perbankan sekaligus mengadakan pendekatan dan mencari nasabah baru serta berusaha mempertahankan nasabah lama. Juga berusaha mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi nasabah termasuk keberatan atau keluhan nasabah.
4.      Sebagai Customer service relation officer
Customer service artinya sebagai orang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah.
5.      Sebagai Comunikator
Comunikator customer service sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara bank dengan nasabah.
Dalam pelayanan di bank customer service mempunyai tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya, sebagai berikut :
1.      Bertanggung jawab kepada pemimpin.
2.      Secara efektif memberikan perbaikan kwalitas operasi dan layanan bank yang telah ada dan yang akan diterapkan.
3.      Melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan bagian lainnya dalam memproses dan meningkatkan kwalitas layanan bank.
4.      Sebagai penghubung antara nasabah dengan bagian-bagian yang terkait dan batasan diatas wewenangnya.
5.      Menjamin tetap terjadinya hubungan yang baik dan memuaskan bagi para nasabah, dimana dalam hal ini menghimpun para nasabah.
6.      Memberikan informasi mengenai semua jenis produk dan jasa bank termasuk manfaat dan keuntungannya bagi nasabah.

BAB  III

 

 

KERANGKA PEMIKIRAN


A.    Kerangka Konseptual Penelitian

Gambar 1
Customer Service
Pelayanan
Prima
Kepuasan
Nasabah
- Kemampuan
- Kecepatan
- Sikap
- Tanggung jawab
- Perhatian
- penampilan






Bank Sulsel
Cabang Watansoppeng
 


Nasabah adalah sumber bagi bank dalam menghimpun dana. Kecendrungan nasabah (penabung) untuk menabung dan merasa terpuaskan dengan pelayanan pada lembaga perbankan sangat dipengaruhi oleh pelayanan Customer service pada Bank Sulsel cabang Watansoppeng. Customer service akan memberikan dampak positif terhadap kepuasan nasabah.
Pelayanan prima pada suatu tempat dilakukan agar nasabah tidak merasakan yang namanya antri dan segala hal yang akan terjadi pada kedua bank yang bersangkutan. Dalam hal ini maka seorang Customer service harus memberikan pelayanan prima kepada nasabahnya. Yang dimaksud dengan pelayanan prima adalah pelayanan yang memerlukan kemampuan, kecepatan, keramahan, ketepatan, tanggung jawab, perhatian, dan penampilan.
Pelayanan prima yang duberikan oleh seorang Customer service akan mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah bank terutama calon nasabah baru bank yang bersaing.

B.     HIPOTESIS
               Berdasarkan rumusan masalah pokok yang telah dikemukakan, maka hipotetis yang diajukan dalam penulisan ini adalah :
               “Diduga bahwa peranan Customer service dapat meningkatkan kepuasan pelanggan PT. Bank Sulsel Cabang Watansoppeng. “










BAB IV
METODOLOGI PENELITIAN

A.    Tempat dan Waktu Penelitian
              Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Sulsel cabang Watansoppeng, yang terletak di jalan Kemakmuran Watansoppeng. Sedangkan waktu penelitian yang digunakan adalah kurang lebih satu (1) Minggu.

B.        Jenis dan Sumber Data
1.      Jenis Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
a.   Data Kualitatif
Yaitu data yang diperoleh penulis dari hasil perusahaan baik dalam bentuk informasi secara lisan maupun secara tertulis.

2.   Sumber Data
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
a.      Data Primer
Data primer adalah data yang diperoleh langsung oleh penelitian baik nasabah maupun dari pengelola bank yang dalam hal ini adalah pimpinan dan beberapa karyawan bank yang bersangkutan.
b.      Data sekunder
Data sekunder adalah data yang diperoleh dari perusahaan berupa dokumen-dokumen dan buku literature serta laporan dari luar perusahaan yang berhubungan dengan penulisan akhir ini.

C.    Metode Pengumpulan Data
               Untuk membantu penulis memperoleh informasi dan data - data yang akan digunakan sebagai bahan pembahasan dalam penulisan ini, maka penulis menggunakan metode pengumpulan data sebagai berikut :
1.      Penelitian Lapangan (Field research)
a.   Sampling
Dengan membagikan kuesioner kepada nasabah bank yang bersangkutan dengan target jumlah tertentu nasabah yang dianggap memenuhi sampel.
b.   Wawancara Langsung
Wawancara langsung dilakukan kepada beberapa karyawan maupun staff yang bersangkutan dan erat kaitannya dengan pokok bahasan.
2.      Penelitian Kepustakaan (Library research)
Metode atau cara penelitian yang dilakukan melalui study pustaka dengan cara membaca literature - literatur dan dokumen - dokumen perusahaan yang mempunyai hubungan dengan pembahasan ini.




D.    Populasi dan Sampel
1.      Populasi
               Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah dan karyawan pada PT. Bank Sulsel Cabang Watansoppeng yang berada di jalan Kemakmuran Watansoppeng.
2.      Sampel
               Pengambilan sampel dari penelitian ini adalah sampel kebutuhan yaitu nasabah yang datang pada Bank Sulsel cabang Watansoppeng sejumlah 5 orang untuk mewakili nasabah keseluruhan pada bank tersebut dan 5 orang Karyawan

E.     Metode Analisis

Metode analisis dilakukan dengan analisis dekskriptif kualitatif.
               Analisis ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kepuasan nasabah dalam pelayanan customer service berdasarkan segmentasi psikografis yang diolah dari data  yang dikumpulkan.

No comments:

Post a Comment